Pengertian Manajemen Menurut Para Ilmuan Dan Apa Saja Sasaran Manajemen

 

Dijelaskan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi. Administrasi merupakan proses penyelenggaraan dsn pengendalian dari suatu badan usaha secara keseluruhan, sedangkan manajemen merupakn proses penggerakan dan pengawasan unsur manusianya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa definisi manajemen yang dikemukankan oleh beberapa sarjana dari Indonesia dan sarjana barat sebagai bahan perbadingan.

Definisi manajemen dari beberapa sarjana Indonesia.

  • Sukamto Reksohadiprodjo. M. COM.
Manajemen adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan, mengkoordinasikan, serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efien dan efektif.
  • Prof. Dr. Sondang P. Siagian. MPA.
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
  • Drs. Sukarno K.
Manajemen berarti proses pembimbingan dan pengawasan terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang untuk mencapapi tujuan yang dikehendaki.
  • Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirdjo.
Menejemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, mesin-mesin, dan alat-alat sesui dengan kebutuhan.
  • Drs. The Liang Gie.
Manajemen adalah proses yang menggerakan tindakan-tindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

Definisi manajemen dari beberapa sarjana barat

  • George R Terry.
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
  • John D. Millet
Manajemen adalah proses penyediaan fasilitas-fasilitas kerja dan pembimbingan terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai sesuatu tujuan.
  • Harold Kcontz dan Cyrill O’donnel
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari orang lain.

Pengertian manajemen yang dikemukakan para ahli tersebut dapat dikatakan bersifat universal (umum). Dalam arti bahwa, manajemen dapat ditetepkan dalam berbagai bidang usaha manusia, baik dalam pabrik, sekolah, bank, hotel, rumah sakit, kantor bahkan sampai kepala kehidupan rumah tangga.

Manajemen merupakan proses pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain. Tujuan yang dimaksud adalah sasaran manajemen yang harus dicapai secara efektif dan efisien. Dalam mencapai tujuan, kegiatan manajemen harus dapat menyatukan pikiran, perasaan, kemauan, bahan-bahan, tenaga (orang-orang), uang, mesin dan segala fasilitas lainnya yang dibutuhkan, sehingga apa yang diharapkan dapat benar-benar tercapai dengan efektif (tepat guna)dan efisien (daya guna). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses penggerakan kerja sama dengan orang lain dan segala fasilitas yang diperlukan

Sasaran Manajemen

Sasaran adalah rincian singkat dan tegas mengenai apa yang akan dicapai. Sedangkan manajemen merupaka suatu proses kegiatan yang di laksanakan orang-orang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya tersebut merupakan sasaran manajemen.

Dengan demikian, sasaran manajemen merupakan suatu perincian yang jelas dalam kegiatan manajemen guna memperoleh suatu cara, tekhnik, metode yang sebaiknya di lakukan agar dengan sumber-sumber atau sasaran yang terbatas (modal, bahan-bahan, dll) dapat diperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Dalam ilmu ekonomi dikenal dengan prinsip ekonomi, yaitu: dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya guna memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.

Secara garis besar, sasaran manajemen ini merupakan suatu cara untuk memperoleh hasil yang efisien (hemat guna) dalam bidang:
  • Tenaga dan pikiran.
  • Material dan biaya yang diperlukan.
  • Waktu yang tepet, cepat dan hemat.
Dalam pengertian sasaran manajemen tersebut sudah disinggung tenteng pengertian efisien dan efektif. Dalam arti, segala sesuatunya dilakukan dengan berdaya guna dan tepat guna (tepat, cepat, hemat, dan selamat).
  • Efisien : Perbandingan yang terbaik antar suatu haisil dengan usahanya atau anatara pemasukan dengan pengeluaran. Efektif : Suatu kemampuan untuk dapat menyelesaiakn tugas-tugas yang diserahkan sesuai dengan rencana (tepat waktunya). 
  • Tepat : Menunjukan kena sasarannya; Apa yang di kehendaki tercapai atau menjadi kenyataan.
  • Cepat : Menunjukan waktu; Tidak banyak waktu terbuang, selesai pada waktunya.
  • Hemat : Berarti dengan biaya yang sekecil-kecilnya diperoleh hasil yang sebesar-besarnya, tanpa adanya pemborosan atau penghamburan biaya, bahan, tenaga, waktu dan pemikiran.
  • Selamat : Menunjukan kelancaran proses; Segala sesuatunya sampai pada tujuan yang dimaksud tanpa mengalami hambatan-hambatan, kelambatan atau kemacetan-kemacatan. Jadi berdasarkan pengertian tadi, dapat dijelaskan kembali bahwa ssuatu yang efektif belum tentu dikatakan efisien. Karenanya menitik beratkan pada hal-hal yang berbeda. 
  • Efektif : Pada tujuan yang akan dicapai sesuai rencana, kurang memperhatikan usaha atau biaya yang dipergunakan. Dengan biaya berapa saja asal tujuan tecapai. Hal ini memungkinkan terjadinya pemborosan atau penghamburan-penghamburan yang tidak perlu. 
  • Efisien : Pada segi usaha atau biaya yang dipergunakan, kurang memperhatikan tujuan yang akan di capai sesuai rencana. Kapan tujuan itu akan tercapai tidak menjadi masalah, asal biaya bisa di hemat seminimal (sekecil) mungkin. 
Dari uraian-uaraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa suatu sasaran manajemen dapat di capai secara efektif dan efisien bila dapat melaksanakan prinsip-prinsip dengan usaha yang sekecil-kecilnya bisa mendapakan hasil yang sebesar-besarnya.


Cara Belajar, Berprestasi Di Sekolah, Ayo Sekolah, Ilmu Teknik, Cara Mudah Belajar, Sekolah Dasar, Rajin Pangkal Pandai, Mari Belajar, Sekolah Untuk Semua, Bangku Sekolah
Pengertian Manajemen Menurut Para Ilmuan Dan Apa Saja Sasaran Manajemen 4.5 5 Zahiruddin KH Dijelaskan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi. Administrasi merupakan proses penyelenggaraan dsn pengendalian dari suatu badan...


Powered by Blogger.